Home > Iptek

Para Ilmuwan Menemukan Bahan Baterai Super Aman dan Efisien

Bahan baru ini berbentuk padat dan bukan cair, yang berarti baterai yang dibuat dari bahan tersebut tidak mudah terbakar.
Unsplash+
Unsplash+

Para ilmuwan baru-baru ini membuat penemuan inovatif di dunia baterai, yang dapat mengubah cara kita menggunakan gadget dan kendaraan listrik.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Chemistry of Materials, tim peneliti dari Tokyo University of Science dan Denso Corporation, dipimpin oleh Profesor Kenjiro Fujimoto dan Akihisa Aimi, mengumumkan bahwa mereka telah menemukan bahan baru yang dapat membuat baterai lebih aman, bertahan lebih lama. dan mengisi daya lebih cepat.

Bahan baru ini berbentuk padat dan bukan cair, yang berarti baterai yang dibuat dari bahan tersebut tidak mudah terbakar.

Ini adalah masalah besar karena sebagian besar baterai saat ini menggunakan cairan di dalamnya yang mudah terbakar.

Bahan baru ini tidak hanya aman, tetapi juga dapat menyimpan lebih banyak energi dan memindahkannya dengan lebih efisien, sehingga cocok untuk benda-benda seperti mobil listrik dan bahkan peralatan rumah tangga.

Bahan tersebut, yang dikenal sebagai oksifluorida tipe piroklor, memiliki nama ilmiah yang rumit: Li2-xLa(1+x)/3M2O6F (dengan M berupa Nb atau Ta).

Namun yang perlu Anda ketahui adalah bahwa ia sangat baik dalam menghantarkan ion litium, yaitu partikel kecil yang membawa energi ke dalam baterai.

Para peneliti menemukan bahwa bahan ini jauh lebih baik dalam pekerjaan ini dibandingkan bahan lain yang pernah mereka lihat sebelumnya.

Ia berfungsi dengan baik bahkan dalam suhu dingin, saat baterai lain melambat.

Salah satu bagian paling keren dari penemuan ini adalah bahan tersebut stabil di udara dan tidak menghasilkan gas berbahaya seperti bahan baterai lainnya.

Artinya, jauh lebih aman untuk digunakan di segala situasi, mulai dari pesawat terbang hingga kendaraan listrik, dan bahkan pada perangkat kecil seperti peralatan medis.

Cara ion litium bergerak melalui material baru ini seperti melewati terowongan yang dibuat oleh partikel lain di dalam material tersebut.

Beberapa bagian material membantu ion litium bergerak, sementara bagian lainnya menghalangi jalur yang salah, memastikan energi mengalir tepat ke tempat yang diperlukan, dengan cepat dan efisien.

Penemuan ini bukan hanya sebuah langkah maju dalam membuat baterai lebih aman namun juga membuat baterai bekerja lebih baik pada rentang suhu dan kondisi yang lebih luas.

Ini berarti ponsel Anda tidak akan mati di hari yang dingin dan mobil listrik Anda dapat mengisi daya lebih cepat.

Singkatnya, material baterai baru ini adalah masalah besar. Aman, efisien, dan dapat digunakan dalam segala hal mulai dari mobil listrik hingga ponsel pintar.

Para peneliti sangat antusias dengan potensi penemuan ini untuk menghasilkan baterai yang lebih baik untuk segala jenis penggunaan, menjadikan gadget kita lebih aman dan andal dibandingkan sebelumnya.

× Image