Home > News

Polrestro Depok akan Lakukan Patroli Pantau Rumah Kosong Pemudik

Patroli dilakukan tim khusus yang beranggotakan 30 aparat kepolisian dan bersiaga 24 jam.
Aparat kepolisian Polrestro Depok bersiaga dan berpatroli pantau keamanan dan rumah kosong yang ditinggal mudik. (Foto: Dok Ruzka Indonesia)
Aparat kepolisian Polrestro Depok bersiaga dan berpatroli pantau keamanan dan rumah kosong yang ditinggal mudik. (Foto: Dok Ruzka Indonesia)

RUZKA INDONESIA -- Aparat kepolisian Polrestro Depok akan gencar lakukan patroli untuk pantau titik rawan kejahatan, termasuk rumah kosong (Rumsong) yang ditinggal pemudik.

Patroli dilakukan tim khusus yang beranggotakan 30 aparat kepolisian dan bersiaga 24 jam. Tim akan patroli ke pemukiman warga, dengan sasaran Rumsong yang ditinggal mudik pemiliknya saat libur Lebaran 2024.

"Kami berusaha untuk mengantisipasi kejadian-kejadian seperti pencurian rumah kosong atau mungkin kebakaran, atau mungkin hal-hal lain yang mungkin terjadi di saat pemilik rumah ini meninggalkan rumahnya untuk mudik," ujar Kapolrestro Depok, Kombes Pol Arya Perdana, Selasa (09/04/2024).

Menurut Arya, patroli ini juga dilakukan secara bersama dengan TNI dalam hal ini Garnisun serta Satpol PP Kota Depok.

"Patroli ke seluruh wilayah Depok setiap malam. Kurang lebih ada sekitar 30 personil. Kemudian dari masing-masing Polsek juga ikut melakukan patroli di wilayahnya," terangnya.

Ia menambahkan, pihaknya telah melakukan mapping berdasarkan kejadian-kejadian tahun lalu di Kota Depok.

"Jadi berdasarkan kejadian-kejadian tahun lalu ada beberapa titik yang memang sudah kita tandai. Nah itu menjadi perhatian kita, menjadi fokus kita untuk kita pantau lebih dalam," jelas Arya.

Tentu, lanjut Arya, ini menjadi perhatian khusus, supaya tidak terjadi di tempat yang sama kita berharap juga enggak terjadi di tempat yang lain.

"Kami mengimbau pada masyarakat yang hendak melaksanakan mudik agar melapor ke RT RW atau tetangga terdekat, serta pastikan kondisi rumah dalam posisi aman ketika ditinggalkan. Periksa AC, kompor dan jangan lupa kunci serta jangan taro barang berharga sembarangan. Pastikan juga melapor ke tetangga atau pengurus lingkungan. Kalau ada yang perlu dilaporkan ke kami bisa di nomor 119," imbuhnya. (***)

× Image