Sabtu 27 Apr 2024 22:20 WIB

Kemenag Bulungan Kaltara Bagikan Buku Panduan Manasik Haji

Buku panduan manasik menghindari kemungkinan kebingungan saat ibadah haji.

Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi manasik haji.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Ilustrasi manasik haji.

IHRAM.CO.ID, TANJUNG SELOR -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara) membagikan buku panduan manasik haji kepada calon jamaah haji bertepatan dengan pelaksanaan manasik haji.

 

Baca Juga

“Buku ini sangat penting bagi calon haji, berisi panduan tuntunan manasik haji dan umrah, doa, dzikir, dan panduan khusus lansia,” kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Bulungan H Abdul Gafar di Tanjung Selor, Sabtu (27/4/2024).

 

Ia menjelaskan, calon jamaah haji diharapkan bisa menunaikan ibadah haji dengan lancar jika memahami isi buku panduan yang dibagikan. Buku panduan tersebut menjelaskan secara detail tentang rangkaian ibadah haji, mulai dari persiapan, pelaksanaan hingga kepulangan.

 

Menurutnya, dengan panduan itu akan menghindari kemungkinan terjadinya kebingungan saat pelaksanaan ibadah haji. “Dengan memahami isi buku panduan, jamaah tidak akan merasa kaget dan kebingungan saat melaksanakan ibadah haji nanti,” katanya.

 

Abdul Gafar juga menekankan pentingnya memahami isi buku panduan sebelum melakukan amalan haji. Ia berharap calon jamaah haji memanfaatkan buku panduan ini dengan sebaik-baiknya agar perjalanan ibadah haji mereka menjadi lebih lancar dan bermakna.

 

Kemenag Bulungan juga berkomitmen membantu calon jamaah haji dalam mempersiapkan diri melaksanakan ibadah haji. Sebelumnya, Kemenag Kabupaten Bulungan telah memberikan vaksin kepada 75 jamaah dari total 92 anggota calon jamaah haji yang akan berangkat ke tanah suci.

 

Jamaah yang belum mendapatkan vaksinasi akan dilayani di Puskesmas setempat paling lambat 14 hari sebelum keberangkatan.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement