Kamis 02 May 2024 12:44 WIB

Kemenag: Calon Jamaah Haji Tertua Asal Belitung Berusia 81 Tahun

Calon jamaah haji asal daerah itu siap diberangkatkan menuju Tanah Suci.

Red: Muhammad Hafil
Jamaah haji lansia dan berkebutuhan khusus dalam proses pengantaran ke hotel masing-masing setelah safari wukuf beberapa hari lalu, Sabtu (1/7/2023).
Foto: Republika/Fuji E Permana
Jamaah haji lansia dan berkebutuhan khusus dalam proses pengantaran ke hotel masing-masing setelah safari wukuf beberapa hari lalu, Sabtu (1/7/2023).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA --Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), mencatat calon jamaah haji tertua asal daerah itu berusia 81 tahun atas nama Zalia, asal Tanjung Pandan.

"Calon jamaah haji tertua asal Kabupaten Belitung adalah atas nama Zalia berusia 81 tahun, asal Tanjung Pandan," kata Kepala Kantor Kemenag Masdar Nawawi di Tanjung Pandan, Kamis.

Baca Juga

Sedangkan calon jamaah haji termuda asal Kabupaten Belitung atas nama Rahmatang berusia 29 tahun, asal Selat Nasik.

"Calon jamaah haji yang diberangkatkan pada 2024 merupakan jamaah yang mendaftar pada  tahun 2012 dan ini adalah sisa jamaah yang tidak diberangkatkan pada 2023 lalu," ujarnya.

Ia mengatakan jumlah calon jamaah haji asal Belitung pada tahun 2024 sebanyak 62 orang, terdiri dari 26 laki-laki dan 36 perempuan.

Calon jamaah haji terbanyak, lanjutnya, berasal dari Tanjung Pandan 53 orang, Sijuk dua orang, Badau tiga orang, Membalong satu orang, dan Selat Nasik tiga orang.

"Mereka sudah menjalani tes kesehatan, meskipun calon jamaah haji pada tahun ini masih banyak lansia. Mereka yang melaksanakan ibadah haji harus istithaah (mampu) tidak hanya dari biaya, namun juga dari fisik," katanya.

Ia menjelaskan 62 calon jamaah haji asal Belitung akan diberangkatkan dari Tanjung Pandan menuju Asrama Haji Pangkalpinang menggunakan maskapai Sriwijaya Air 737-600 pada 17 Mei 2024. 

"Para jamaah di sana akan diterima oleh petugas penerimaan jamaah di Asrama Haji Pangkalpinang. Jamaah akan menginap semalam dan bertolak menuju Palembang pada keesokan hari tepatnya siang hari," ujarnya.

Setelah tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, kata dia, para calon jamaah haji itu akan menunggu jadwal keberangkatan menuju Jeddah menggunakan maskapai Saudia Airlines.

"Biasanya keberangkatan adalah pada Sabtu (18/5) malam, sama seperti keberangkatan jamaah haji tahun lalu," katanya.

Ia memastikan calon jamaah haji asal daerah itu siap diberangkatkan menuju Tanah Suci karena telah mengikuti kegiatan manasik haji sebanyak delapan kali dan menjalani pemeriksaan kesehatan.

"Bahkan setibanya di Pangkalpinang para jamaah akan menjalani pemeriksaan kesehatan terakhir yang dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pangkalpinang, sebelum terbang ke Palembang," ujarnya.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement