Kamis 02 May 2024 21:18 WIB

Imigrasi Palembang Turunkan Tiga Tim Layani Calon Jamaah Haji

Haji merupakan ibadah pemersatu umat Islam dari berbagai belahan dunia.

Red: Erdy Nasrul
Petugas Imigrasi memeriksa data calon jamaah haji.
Foto: ANTARA FOTO/Umarul Faruq
Petugas Imigrasi memeriksa data calon jamaah haji.

IHRAM.CO.ID,  PALEMBANG -- Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Palembang menurunkan tiga tim untuk melakukan pelayanan pemberangkatan calon haji asal Sumatra Selatan dan Bangka Belitung yang dijadwalkan berangkat melalui Embarkasi Haji Bandara SMB II mulai 12 Mei 2024.

"Untuk melakukan pelayanan pemeriksaan paspor 8.506 calon haji asal Sumsel dan Babel yang berangkat pada musim haji 1445 Hijriyah/2024 ini diturunkan tiga tim dengan anggota masing-masing tim 28 orang," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang Mohammad Ridwan, di Palembang, Kamis.

Baca Juga

Tim tersebut menyiapkan skema pelayanan pemeriksaan dokumen keimigrasian saat keberangkatan dan kepulangan ribuan calon jamaah haji tersebut yang dibagi dalam 19 kelompok terbang (kloter).

Pemberangkatan 8.506 calon jamaah haji melalui Embarkasi Palembang dengan rincian 7.295 orang asal Sumsel, 1.116 orang asal Babel, dan 95 orang petugas haji semua kloter.

Calon jamaah haji yang tergabung dalam 19 kloter itu, pemberangkatannya dibagi dalam dua gelombang menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines dengan kapasitas penumpang 450 kursi.

Pemberangkatan gelombang pertama yakni kloter 1 - 9 mulai 12 - 23 Mei 2024, sedangkan gelombang kedua kloter 10 -19 mulai berangkat pada 24 Mei hingga 4 Juni 2024.

Pemberangkatan calon haji asal Bangka Belitung (Babel) yang tergabung dalam kloter 4, 5, dan 6 pada gelombang pertama.

Mengenai mekanisme pemeriksaan paspor calon jamaah haji, menurut Ridwan petugas Imigrasi sudah tiba di Asrama Haji Palembang 4-5 jam sebelum keberangkatan untuk melaksanakan pemeriksaan dan peneraan cap keberangkatan di paspor jamaah.

"Dengan mekanisme pemeriksaan itu calon haji ketika menuju ke bandara dari asrama haji menggunakan bus bisa langsung masuk pesawat," ujar Kepala Imigrasi Palembang.

Sementara Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya mengimbau tim Imigrasi Palembang yang sebentar lagi bertugas melayani pemberangkatan calon jamaah haji agar mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin.

"Dengan melihat persiapan tim Imigrasi dan pengalaman selama ini, saya memastikan calon haji asal Sumsel dan Babel yang berangkat ke Arab Saudi melalui Embarkasi Haji Palembang mendapat pelayanan keimigrasian terbaik," ujar Kakanwil Ilham.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement