Selasa 07 May 2024 10:39 WIB

Menag Cek Persiapan Akhir Layanan Jamaah Haji di Tanah Suci

Persiapan layanan haji di Arab Saudi dicek Menag.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Menag Yaqut Cholil Qoumas berangkat ke Arab Saudi untuk mengecek persiapan haji.
Foto: Republika/ Idealisa Masyrafina
Menag Yaqut Cholil Qoumas berangkat ke Arab Saudi untuk mengecek persiapan haji.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang keberangkatan jamaah haji Indonesia pada 12 Mei 2023, Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas atau yang akrab dipanggil Gus Men bertolak ke Arab Saudi untuk mengecek persiapan akhir layanan jamaah haji di Tanah Suci. 

Calon jamaah haji reguler secara bertahap akan mulai diberangkatkan ke Arab Saudi pada 12 Mei 2024 mendatang. Proses pemberangkatan ini akan berlangsung hingga 10 Juni 2024.

Baca Juga

“Saya berangkat ke Saudi untuk melihat persiapan akhir layanan bagi jamaah haji Indonesia. Pengecekan akan saya lakukan baik di Makkah, Madinah, termasuk persiapan layanan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina,” terang Menag di Jakarta, Senin (6/5/2024).

Gus Men terbang pada Selasa (7/5/2024) dini hari dan dijadwalkan berada di Arab Saudi selama empat hari. Gus Men akan kembali ke Tanah Air pada 11 Mei 2024. Staf Khusus Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo dan Staf Khusus Menag Bidang Hukum Abdul Qodir juga turut mendampingi Gus Men.

“Kita juga akan melakukan pertemuan dengan pihak Masyariq di Jeddah, untuk meng-update sejumlah persiapan layanan yang penyediaannya menjadi tanggung jawab mereka. Kita juga akan bahas sejumlah langkah mitigasi untuk memastikan layanan berjalan lancar dan kejadian tahun lalu tidak terulang,” ucap Gus Men.

“Baik di Makkah maupun Madinah, kita akan cek kesiapan hotel dan konsumsi jamaah. Kita juga akan melihat kesiapan terminal bus shalawat di Makkah, baik di Syib Amir maupun Ajyad,” kata dia.

Musim haji tahun ini tercatat sebagai misi haji terbesar dengan jumlah 241 ribu jamaah yang biasanya kuotanya sebebanyak 221 ribu. Terdiri dari 213.320 jemaah regular dan 27.680 jamaah haji khusus, di mana di dalamnya terdapat 40 ribuan jamaah lansia.  

Sebelum jamaah haji tiba di Arab Saudi, Kemenag akan memberangkatan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1445 H/2024 M. Tim advance PPIH Arab Saudi telah berangkat pada 2 Mei 2024. Selanjutnya, PPIH Daker Bandara dan Daker Madinah akan diberangkatkan pada 8 Mei 2024. Sementara untuk PPIH Daker Makkah dijadwalkan berangkat pada 15 Mei 2024.

“Insya Allah saya akan melepas keberangkatan kloter pertama jemaah haji Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, pada 12 Mei 2024,” kata Gus Men.

 

 

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement