Senin 20 May 2024 18:25 WIB

Didorong ke Makkah, Jamaah Haji dari Madinah akan Lakukan Umroh Wajib 

Jamaah haji yang didorong ke Mekkah akan mengambil miqat di Bir Ali.

Red: Nashih Nashrullah
Calon jamaah haji Embarkasi Surabaya 27 (SUB-27) disambut hangat setibanya di hotel di Madinah, Ahad (19/5/2024).
Foto: MCH 2024
Calon jamaah haji Embarkasi Surabaya 27 (SUB-27) disambut hangat setibanya di hotel di Madinah, Ahad (19/5/2024).

Oleh Karta Raharja Ucu, jurnalis Republika.co.id dari Madinah, Arab Saudi 

IHRAM.CO.ID,  MADINAH – Petugas Penyelenggara Haji Indonesia (PPIH) Arab Saudi memberangkatan jamaah haji yang sudah sembilan hari di Kota Madinah menuju Kota Makkah, Senin (20/5/2024). 

Baca Juga

Jamaah haji yang didorong ke Makkah akan mengambil miqat makani untuk berihram di Masjid Dzilhulaifah atau Bir Ali sebelum melaksanakan umroh wajib sebagai syarat Haji Tamattu.

Pemberangkatan jamaah haji Gelombang Pertama itu dilakukan bertahap. “Tercatat ada 3.425 jamaah yang tergabung dalam 8 kelompok terbang (kloter) pertama yang diberangkatkan ke Makkah menggunakan bus,” kata Tim Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda, Senin (20/5/2024). 

Bus yang mengangkut delapan kloter jamaah tersebut sudah tiba empat jam sebelum keberangkatan ke Makkah. Bus berangkat mengangkut jamaah pada pukul 05.30 WAS.

“Bus akan tiba di hotel empat jam sebelum keberangkatan ke Makkah, sehingga jamaah diminta mempersiapkan diri menyesuaikan waktu keberangkatan,” ucap Widi.

Bus hanya diizinkan berhenti 15-30 menit di Bir Ali sehingga jamaah diminta memakai kain ihram, mandi, dan berwudhu dari hotel masing-masing untuk menghemat waktu. Jamaah tinggal sholat sunnah dan niat umrah di Bir Ali.

“Bagi jamaah yang sedang dalam kondisi kurang sehat, jamaah lansia dan disabilitas disarankan untuk tidak turun dari bus. Niat umroh bisa dilakukan di atas kendaraan saat tiba di Bir Ali,” katanya.

Ada 10 bus rombongan jamaah haji Indonesia berangkat dari Madinah menuju Mekkah yang membawa 392 jamaah. Jamaah yang diberangkatkan tersebut tergabung dalam Kloter 1 Embarkasih Jakarta-Pondok Gede (JKG-01) diberangkatkan perdana dari Hotel Abraj Taba.

"Alhamdulillah pagi ini jamaah haji yang diberangkatkan ke Makkah ada 392 jamaah yang tergabung dalam kloter JKG-01, jamaah haji dari Jakarta Barat. Mereka berangkat dari hotel sudah mengenakan kain ihram," ujar Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah, Ali Machzumi usai melepas 10 bus rombongan jamaah haji Indonesia dari Madinah menuju Makkah, Senin.

Kloter JKG-01 adalah jamaah yang pertama kali tiba di Madinah pada 12 Mei 2024. Saat itu, ada 393 jamaah, tetapi dalam keberangkatan ke Mekkah ada satu jamaah yang sakit dan dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah. Jamaah yang sakit itu akan diberangkatkan setelah pulih.

Selain JKG-01, hari ini tujuh kloter lain yang akan diberangkatkan ke Makkah, yaitu: JKG-02, JKS-01, JKS-02, BTH-01, dan PLM-01 yang diberangkatkan pada jam 14.00 WAS. Sementara SUB-01 dan UPG-01 akan diberangkatkan pada pada jam 17.00 WAS.

"Total jamaah yang diberangkatkan ke Makkah hari ini mencapai 3.425 orang, menggunakan 85 bus," sebut Ali Machzumi.   

photo
Infografis Rencana Perjalanan Jamaah Haji Indonesia 2024 - (Republika.co.id)

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement