Jumat 03 Jul 2020 12:38 WIB

Ford GT Roadster 1965 akan Dilelang Mulai Rp 100 Miliar

Ford GT Roadster 1965 adalah salah satu mobil yang bersejarah.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Ford GT Roadster 1965
Foto: carscoops
Ford GT Roadster 1965

REPUBLIKA.CO.ID,  DETROIT -- Bagi Ford, GT Roadster tahun 1965 adalah salah satu mobil yang bersejarah. Karena, Ford GT Roadster dengan nomor chassis 109 ini merupakan satu-satunya Ford GT Roadster yang sempat terjun dalam balapan Le Mans.

Dilansir dari Car Advice pada Jumat (3/7), saat ini mobil itu akan dilelang. Jika melihat dari nilai historisnya, tak heran jika mobil balap itu akan terjual dengan harga fantastis.

Baca Juga

Mobil ini merupakan mobil yang dibangun dalam patform yang sama dengan Ford GT40. Saat itu, Ford hanya membuat 12 unit prototipe Ford GT. Lima diantaranya adalah prototipe yang dibangun dengan format roadster.

Saat ini, hanya tiga unit Ford GT Roadster yang masih utuh yakni roadster dengan nomor chassis 108, 109 dan 111. Dari semua roadster itu, GT/109 jadi satu-satunya yang memiliki catatan lintasan paling bergengsi dan memiliki perjalanan sejarah yang unik.

Mobil ini dibangun oleh Ford Advanced Vehicles untuk dilombakan dalam 24 Hours of Le Mans 1965. Saat lomba berjalan, tiba-tiba mobil ini terpaksa menyerah pada lap kesebelas karena terjadi kerusakan pada gearbox.

Setelah itu, GT/109 ini dikirim ke Amerika untuk diperbaiki. Selama tiga tahun, mobil itu pun jadi mobil sarana pengujian komponen mobil balap dan mobil penumpang.

Hingga kemudian, pada 1968, mobil yang tengah berada di gudang Ford di Detroit itu dibeli oleh stuntman Hollywood bernama Dean Jeffries. Stuntman itu pun terus merawat mobil itu hingga ia meninggal pada 2013.

Beberapa saat setelah kepergianya, pendiri Mecum Auctions, Dana Mecum pun membeli mobil itu dari putra Dean Jeffries. Selanjutnya, mobil itu pun dipermanis hingga kembali terlihat seperti baru.

Kini, mobil ikonik dengan sejarah yang unik itu pun telah siap untuk dilelang pada 11 Juli 2020. Diperkirakan, mobil itu dapat dilelang dengan harga mulai dari 7,5 juta atau sekitar Rp 100 miliar hingga 10 juta dolar AS.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement