Senin 21 Dec 2020 09:34 WIB

Jabal Shada PuncakTertinggi di Arab Saudi

Jabal Shada PuncakTertinggi di Saudi

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Jabal Shada PuncakTertinggi di Arab Saudi
Foto: Arab News
Jabal Shada PuncakTertinggi di Arab Saudi

IHRAM.CO.ID, AL BAHA -- Pegunungan Shada adalah bagian dari Al Baha, yang merupakan salah satu kota terindah di Arab Saudi. Shada berarti naik atau membubung, sehingga kata itu memiliki arti yang sangat cocok dengan pegunungan hijau yang lebat. Gunung ini merupakan puncak tertinggi di Saudi mencapai 2.300 meter.

Jabal Shada, atau formasi gunung Shada, berasal dari Periode Kambrium. Bebatuan granit raksasa yang bertumpu di bagian paling atas membuat tempat ini berbeda dari yang lain. 

Baca Juga

Dalam bahasa Arab mereka diberi nama Nadba, karena saking tingginya hampir seperti menyentuh langit di ketinggian 200 meter.

Pengunjung mungkin menemukan gua yang unik dari hasil erosi yang telah terjadi selama berabad-abad. Gua-gua ini diciptakan oleh gas yang keluar dari batuan beku dan meninggalkan lubang yang secara kebetulan cocok dengan peradaban manusia dan digunakan sebagai tempat tinggal.

Ukiran dan jejak peradaban awal juga terdapat pada gua yang memberikan informasi penting dan tak ternilai kepada para arkeolog dan peneliti tentang masa lalu.

Rumah Jabal Shada Al-Asfal ditemukan di ketinggian yang membuat banyak orang tercengang. Rumah ini terbuat dari batu yang sangat sulit dijangkau karena lokasinya, dan merupakan bagiandari warisan Saudi dan memberikan wawasan berharga tentang sejarah negeri itu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement