Sabtu 09 Jan 2021 05:20 WIB

Restoran Kuno Ditemukan Di Pompeii

Restoran Kuno Ditemukan Di Pompeii Italia.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Restoran Kuno Ditemukan Di Pompeii
Foto: Bahrain News Agency
Restoran Kuno Ditemukan Di Pompeii

IHRAM.CO.ID,ROMA--Sebuah tempat makan tempat saji kono di Pompeii baru saja ditemukan, mengungkap hidangan yang populer di kota Romawi kuno. Kepala lama Taman Arkeologi Pompeii, Massimo Osanna mengatakan, setidaknya ada 80 makanan cepat saji yang ditemukan di tempat makan kuno yang dikenal sebagai Thermopolium itu.

Sebagian besar restoran telah digali pada 2019 dan sejak itu para arkeolog terus menggali, menemukan penghitung multi-sisi, dengan lubang lebar khas yang dimasukkan ke atasnya. Meja itu menampung bejana dalam untuk makanan panas, tidak seperti wadah sup yang terletak di bar salad modern.

Baca Juga

Spesialis tumbuhan dan hewan masih menganalisis sisa-sisa dari situs tersebut, dengan lukisan dindingnya dengan sosok nimfa bawah yang menunggangi kuda. Gambar dua mallard terbalik dan seekor ayam jantan yang bulunya dicat dengan warna cerah khas yang dikenal sebagai merah Pompeiian, juga mencerahkan restoran tersebut dan kemungkinan besar disajikan untuk mengiklankan menunya.

Lukisan dinding lain menggambarkan seekor anjing dengan tali, mungkin tidak seperti pengingat modern untuk hewan peliharaan, adapula grafiti vulgar terukir di bingkai lukisan.

Valeria Amoretti, staf antropolog Pompeii, mengatakan, analisis awal mengkonfirmasi bagaimana gambar yang dilukis mewakili, setidaknya sebagian, makanan dan minuman yang dijual secara efektif di dalamnya. Dalam pernyataannya, ditemukan pula pecahan tulang bebek di salah satu wadah, bersama sisa-sisa kambing, babi, ikan, dan siput. Di bagian bawah wadah anggur ada jejak kacang fava tanah, yang pada zaman kuno ditambahkan ke anggur untuk memberi rasa dan mencerahkan warnanya, kata Amoretti.

"Kami tahu apa yang mereka makan hari itu, apa yang populer di kalangan rakyat biasa," kata Kepala lama Taman Arkeologi Pompeii, Massimo Osanna yang dikutip di BNA, Jumat (8/1).

 

Satu penemuan yang mengejutkan adalah kerangka lengkap seekor anjing. Penemuan ini menggelitik para ekskavator, karena itu bukan anjing besar dan berotot seperti yang dilukis di meja tetapi dari contoh yang sangat kecil dari seekor anjing dewasa, yang tingginya setinggi bahu 20 hingga 25 sentimeter (8- hingga 10 inci), kata Amoretti.

"Agak jarang, untuk menemukan sisa-sisa anjing kecil seperti itu dari zaman kuno, penemuan yang membuktikan perkembangbiakan selektif di zaman Romawi untuk mendapatkan hasil ini," ujarnya.

Beberapa sendok perunggu, sembilan amphora, yang merupakan wadah makanan populer di zaman Romawi, beberapa termos dan wadah minyak keramik, juga ditemukan dalam penggalian itu. Pemilik restoran yang sukses tahu bahwa lokasi yang baik bisa jadi sangat penting, dan operator makanan cepat saji kuno ini sepertinya telah menemukan tempat yang bagus. Osanna mencatat bahwa tepat di luar restoran itu ada sebuah alun-alun kecil dengan air mancur, dengan thermopolium lain di sekitarnya.

Pompeii merupakan sebuah kota zaman Romawi kuno yang telah menjadi puing dekat kota Napoli dan sekarang berada di wilayah Campania, Italia. Pompeii hancur oleh letusan gunung Vesuvius pada 79 M. Sebagian besar kota kuno masih belum digali. Situs ini adalah salah satu tempat wisata paling populer di Italia.

Jenazah manusia juga ditemukan dalam penggalian restoran tersebut. Tulang-tulang itu tampaknya diganggu pada abad ke-17 selama penggalian rahasia oleh pencuri yang mencari barang berharga, kata pihak berwenang Pompeii. Beberapa tulang adalah milik seorang pria, yang, ketika gunung berapi Vesuvius meletus, tampaknya terbaring di tempat tidur atau dipan, karena paku dan potongan kayu ditemukan di bawah tubuhnya, kata pihak berwenang. Sisa-sisa manusia lainnya ditemukan di dalam salah satu kapal konter, kemungkinan ditempatkan di sana oleh ekskavator berabad-abad lalu.

sumber: 

https://www.bna.bh/en/MallardtogoDigofPompeiifastfoodplacerevealstastes.aspx?cms=q8FmFJgiscL2fwIzON1%2bDliqWayeg4VXPUk4ksqpE%2bE%3d

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement