24 Rajab 1442

Fitur Baru Aplikasi Alquran Kemenag untuk Umat

Selasa , 26 Jan 2021, 15:55 WIB Reporter :Fuji E Permana/ Redaktur : Muhammad Hafil
Fitur Baru Aplikasi Alquran Kemenag untuk Umat. Foto ilustrasi: Alquran
Fitur Baru Aplikasi Alquran Kemenag untuk Umat. Foto ilustrasi: Alquran

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran (LPMQ) melakukan update aplikasi Quran Kementerian Agama (Kemenag). Kini semakin banyak fitur baru dalam aplikasi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

"Alhamdulillah, update aplikasi Quran Kemenag hadir dengan tampilan yang lebih menarik. Aplikasi ini akan dirilis Rabu (27/1) oleh Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag," kata Kepala LPMQ, Muchlis M Hanafi melalui pesan tertulis kepada Republika, Selasa (16/1).

Ia menambahkan, bersamaan dengan itu akan dirilis juga Quran Kemenag in Ms Word dengan penambahan terjemahan Alquran edisi 2019.

Ia juga menerangkan, ada sejumlah fitur yang tersedia pada aplikasi Quran Kemenag versi terbaru. Pertama, ada pilihan membaca dengan model per halaman atau per ayat. Kedua, ada layanan pencarian kata, baik dalam ayat (mufrodat), maupun dalam terjemah dan tafsirnya.

Baca Juga

"Fitur lainnya adalah keterangan asbabun nuzul pada ayat-ayat yang memiliki sebab turunnya," ujar.

Muchlis mengatakan, aplikasi baru ini juga menyediakan pilihan terjemah Alquran untuk dua edisi. Yaitu edisi 2002 dan 2019 yang menjadi edisi penyempurnaan disertai catatan kakinya. 

Selain itu, dalam aplikasi ada pilihan audio murottal oleh beberapa syekh ternama. Ada juga menu penyimpanan bookmark Alquran per halaman dan per ayat yang bisa digunakan sebagai penanda akhir bacaan.

"Aplikasi ini juga menyediakan menu penunjuk waktu sholat disertai audio adzan dan pengingat sebelum tiba waktu sholat, termasuk juga petunjuk arah kiblat," jelasnya.

Ia menambahkan, pilihan menu lainnya dalam aplikasi adalah video-video publikasi LPMQ Channel dan daftar tautan layanan Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran. "Kami hadirkan juga scan tanda tashih untuk menelusuri semua informasi terkait mushaf Alquran," katanya.

Muchlis menginformasikan bahwa aplikasi ini sudah tersedia di playstore. Masyarakat bisa mengunduh atau mengupdatenya dengan mengetik Quran Kemenag.

 

 

widget->kurs();?>