Selasa 23 Mar 2021 20:21 WIB

Ketua PKK Semangati Penerima Vaksin Lansia di Surabaya

Ketua PKK Surabaya membagikan Vitamin C kepada lansia satu per satu.

Vaksinator menyuntikan vaksin COVID-19 kepada warga lansia (ilustrasi)
Foto: Prayogi/Republika.
Vaksinator menyuntikan vaksin COVID-19 kepada warga lansia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surabaya Rini Indriyani menyemangati penerima vaksin lansia saat meninjau lokasi vaksinasi Covis-19 di beberapa puskesmas yang tersebar di Kota Surabaya, Selasa. "Ibu sehat ya? Usia berapa panjenengan (anda)? Jangan lupa jaga kesehatan, makan rutin ya," kata Rini kepada salah satu lansia.

Rini Indriyani didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya Febria Rachmanita berkeliling di lima titik lokasi. Di antaranya Puskesmas Gayungan, Kebonsari, Wonokromo, Jagir dan Ngagel Rejo.

Baca Juga

Setiap tiba di lokasi, dengan penuh perhatian Rini menyapa satu per satu pasien lanjut usia (lansia) yang tengah menunggu antrean. Bahkan tidak jarang, ia menanyakan kondisi kesehatan lansia.

Saat berbincang tersebut, Rini juga membagikan Vitamin C kepada lansia satu per satu. Ia meminta agar vitamin tersebut wajib dikonsumsi setiap hari. Apalagi bagi para lansia, supaya imun tubuh tidak menurun. "Ini saya bawakan vitamin untuk panjenengan (anda), diminum ya. Biar makin fit dan sehat," ujar istri Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi ini.

Pada kesempatan yang sama, ia mengajak agar masyarakat tidak perlu khawatir dan cemas saat menerima suntikan vaksin. Ia meminta warga lebih rileks dan tidak tegang sebab vaksin ini sudah diuji dan diteliti oleh tim ahli, sebelum terdistribusikan.

"Alhamdulillah para lansia ini sudah vaksin kedua kalinya. Mudah-mudahan kita semua terhindar dari segala macam penyakit termasuk wabah Covid-19," katanya.

Rini berpesan, siapapun yang telah menerima vaksin tetap wajib menjaga disipilin protokol kesehatan Covid-19. Sebab ikhtiar menjaga protokol kesehatan tetap harus ditegakkan demi keselamatan bersama. Di antaranya menggunakan masker, menjaga jarak serta mencuci tangan setiap saat.

"Selagi sudah divaksin, saya mohon untuk tetap menjaga kesehatan prokes. Apa yang sudah diusahakan pemerintah ini kita jaga baik-baik," ujarnya.

Rencananya, agenda roadshow seperti saat ini, akan dilakukan di 63 puskesmas se-Surabaya. Apalagi, ia melihat antusias para lansia yang dinilainya luar biasa tersebut menambah semangat tersendiri untuk saling memberi dukungan kepada para lansia dan tenaga kesehatan atau petugas vaksinasi.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement