Kemenag Lampung: Muatan Lokal Bantu Deradikalisasi

Rabu , 31 Mar 2021, 19:22 WIB Redaktur : Ani Nursalikah
Kemenag Lampung: Muatan Lokal Bantu Deradikalisasi. Ilustrasi
Kemenag Lampung: Muatan Lokal Bantu Deradikalisasi. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Lampung Juanda Naim mengatakan adanya penguatan pendidikan muatan lokal di satuan pendidikan menjadi upaya melakukan deradikalisasi.

 

Terkait

"Untuk melakukan upaya deradikalisasi kita harus memberikan pendidikan akan keberagaman sedini mungkin kepada anak," ujar Juanda, Rabu (31/3).

Baca Juga

Ia mengatakan pendidikan keberagaman tersebut dapat dilakukan melalui penguatan pendidikan muatan lokal di setiap sekolah. "Di madrasah kita akan melakukan penguatan dalam pendidikan muatan lokal, sebab Lampung memiliki banyak filosofi budaya yang mengajarkan menjaga persatuan atas keberagaman, salah satunya filosofi Muakhi (persaudaraan)," katanya.

Ia menjelaskan dengan melakukan pendekatan berbasis muatan lokal di satuan pendidikan diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta Tanah Air dan keberagaman bagi generasi muda. "Para remaja dapat mempelajari keberagaman yang ada, salah satunya di Lampung," ucapnya.

Menurutnya, masyarakat diharapkan dapat terus menjaga kerukunan serta kebersamaan dalam perbedaan yang ada, dan tidak terprovokasi atas adanya kejadian teror yang terjadi beberapa hari lalu. "Diharapkan masyarakat dapat terus menjaga kerukunan antar umat beragama, sehingga persatuan dan kesatuan dapat terus terjaga di Lampung," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini