Selasa 06 Jul 2021 21:06 WIB

Jepang Perpanjang Visa 300 Warga Negara Myanmar

Sebanyak 50 warga negara Myanmar mengajukan status pengungsi di Jepang

Red: Nur Aini
Di tengah gejolak politik di Myanmar, Jepang memperpanjang visa bagi 300 warga negara Asia Tenggara itu pada Selasa (6/7).
Di tengah gejolak politik di Myanmar, Jepang memperpanjang visa bagi 300 warga negara Asia Tenggara itu pada Selasa (6/7).

 

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Di tengah gejolak politik di Myanmar, Jepang memperpanjang visa bagi 300 warga negara Asia Tenggara itu pada Selasa (6/7).

Baca Juga

Menteri Kehakiman Jepang Yoko Kamikawa mengatakan pemain sepak bola nasional Myanmar Pyae Lyan Aung termasuk di antara mereka yang mendapat perpanjangan visa, seperti dilansir Kyodo News.

Banyak warga Burma yang tinggal di luar negeri menolak untuk kembali ke negara itu setelah militer, yang dikenal sebagai Tatmadaw, merebut kekuasaan dalam kudeta militer pada Februari dan mencopot pemerintahan sipil dari jabatannya. Aung adalah salah satu di antaranya. Dia menolak untuk pulang bersama rekan satu timnya bulan lalu.

Kamikawa mengatakan sekitar 50 warga negara Myanmar telah mengajukan status pengungsi, termasuk Aung, tetapi pemerintah Jepang belum mengeluarkan keputusan.

Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik mengungkapkan bahwa 892 warga Myanmar tewas sejak kudeta, yang memicu pemberontakan massal di seluruh penjuru negeri. Sekitar 5.085 orang saat ini ditahan oleh pemerintahan Tatmadaw, termasuk 26 orang yang telah dijatuhi hukuman mati.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/jepang-perpanjang-visa-300-warga-negara-myanmar-di-tengah-krisis/2295815
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement