Menkes Arab Saudi: Semua Pihak Terlibat Sukseskan Haji 

Jumat , 23 Jul 2021, 14:18 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Menkes Arab Saudi sampaikan terima kasih kepada Raja Salman dan Putra Mahkota. Ilustrasi haji
Menkes Arab Saudi sampaikan terima kasih kepada Raja Salman dan Putra Mahkota. Ilustrasi haji

IHRAM.CO.ID, RIYADH – Rencana kesehatan untuk pelaksanaan haji tahun ini berhasil. Menteri Kesehatan Arab Saudi, Dr Tawfiq Al Rabiah, mengumumkan tidak ada kasus Covid-19 yang terdeteksi di antara jamaah, Kamis (22/7).

 

Terkait

"Haji kali ini berhasil, tanpa Covid-19 atau penyakit epidemi lainnya yang dilaporkan,” kata dia dikutip di Asharq Al-Awsat, Jumat (23/7). 

Baca Juga

Al Rabiah lantas mengatakan semua lembaga pemerintah yang melayani jamaah haji telah melakukan upaya besar, utamanya dalam melaksanakan rencana kesehatan haji untuk mencegah infeksi sepanjang musim kali ini.

Dia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud, serta Putra Mahkota, Muhammad bin Salman.  

Kedua pihak ini disebut memberikan dukungan yang tidak terbatas kepada Kementerian Kesehatan dan pekerjanya, serta semua lembaga pemerintah yang ambil bagian dalam penyelenggaraan haji. 

Awal pekan ini, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, memuji kepemimpinan Arab Saudi atas langkah-langkah pencegahan yang telah diambil untuk melindungi para peziarah. 

“Ketika umat beriman berkumpul untuk melakukan haji tahun ini, kami menyambut baik perencanaan kesehatan dan langkah-langkah yang telah diambil Arab Saudi, untuk memastikan keselamatan jamaah dan komunitas mereka selama pandemi,” kata dia dalam sebuah cuitan di Twitter. 

Pelaksanaan ibadah haji tahun ini telah dibatasi untuk 60 ribu warga Saudi yang divaksinasi atau penduduk Arab Saudi. Mereka terpilih dari 500 ribuan orang yang mendaftar pada Juni kemarin. 

 

Sumber: aawsat

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini