Senin 26 Jul 2021 10:12 WIB

Biro Perjalanan Bersiap Terima Jamaah Umroh Luar Negeri

Biro Perjalanan Bersiap Terima Jamaah Umroh Luar Negeri.

Rep: Ratna ajeng tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Biro Perjalanan Bersiap Terima Jamaah Umroh Luar Negeri. Foto:   Jamaah haji berdoa di malam hari di depan Ka
Foto: AP Photo/Amr Nabil
Biro Perjalanan Bersiap Terima Jamaah Umroh Luar Negeri. Foto: Jamaah haji berdoa di malam hari di depan Ka

IHRAM.CO.ID,MAKKAH -- Ratusan perusahaan bersiap untuk menerima calon jamaah umroh asing yang diimunisasi penuh yang ingin melakukan umroh mulai 9 Agustus.

Melalui platform online, jamaah akan diberikan akses ke 500 pilihan yang menyediakan akses ke penerbangan, transportasi, hotel, dan perusahaan umroh.

Baca Juga

Hani Al-Omairi, anggota Komite Nasional Haji dan Umroh dan Komite Hotel di Makkah, mengatakan bahwa hampir 30 situs web dan platform akan tersedia untuk reservasi internasional.

“Kursus kesehatan dan pengelolaan kerumunan diberikan kepada seluruh karyawan karena beberapa perusahaan sudah mulai beroperasi. Prosedur untuk perusahaan dan institusi lainnya sedang diselesaikan oleh Kementerian Haji dan Umrah dan otoritas terkait lainnya, ”kata Al-Omairi dilansir di arabnews.com.

Mengomentari berita tersebut, Mohsin Tutla, ketua Yayasan Peduli Haji dan Umroh Dunia, mengatakan bahwa kepulangan jamaah dapat dipastikan melalui pelatihan industri untuk memberikan layanan dalam kondisi pandemi. Dia menambahkan bahwa pengenalan teknologi kewaspadaan pada rangkaian ibadah dan langkah-langkah lebih lanjut akan membantu memperlancar proses tersebut.

Tutla mengatakan bahwa permintaan dari peziarah untuk melakukan ritual selama pandemi tidak setinggi yang dipikirkan orang. Meskipun kita bisa berasumsi bahwa orang-orang telah mengantri untuk menunaikan ibadah haji dan umrah, kenyataannya kemampuan finansial masyarakat telah menipis.

“Di mana haji dan umroh tersedia dan mudah bagi populasi massal dan populasi berpenghasilan menengah, sekarang hanya mungkin bagi penabung kaya dan hemat,"ujar dia

Tutla menambahkan jalan menuju pemulihan dan peremajaan tidak hanya bergantung pada permintaan, itu tergantung pada pengembangan mekanisme keamanan global seperti Koridor Aman Haji dan Umroh, yang saat ini sedang dikembangkan oleh World Hajj and Umrah Care Foundation, dan sedang dipasang di 25 negara di seluruh dunia.

Secara global dia melihat bahwa permintaan akan turun sekitar 40 persen untuk umrah internasional dan 15 persen untuk haji internasional.

Menyusul penutupan sementara umroh karena munculnya pandemi, jamaah diizinkan untuk melakukan ritual umrah pada awal Oktober. Sebanyak 250 ribu jamaah umroh domestik dapat mendaftar, membuat janji temu, dan memberikan izin pada tahap pertama. Sekitar 10 ribu jamaah haji asing secara bertahap diizinkan umrah pada fase ketiga pada 1 November setelah jeda tujuh bulan dari peraturan yang ketat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement