Alcazar Jerez de la Frontera, Warisan Islam Tertua Spanyol

Selasa , 27 Jul 2021, 17:05 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Istana Alcazar di Kota Sevilla, Spanyol
Istana Alcazar di Kota Sevilla, Spanyol

Seluruh interior Alcazar tidak memiliki ukiran yang biasa ada pada setiap bangunan megah. Pada bangunan Alcazar hanya ada susunan batu tanpa plester. Hiasan yang paling mewah pada interiornya adalah dominasi lengkungan yang mengelilingi isi ruangan Alcazar.

 

Terkait

Sementara, bagian mewah pada bangunan Alcazar ini adalah menara. Dalam menara ini, hanya ada satu ruangan yang tidak pernah difungsikan sehingga keadaannya selalu gelap. Menara ini merupakan tempat kamera pengawas dengan lokasi yang istimewa karena memiliki titik tertinggi sehingga bisa melihat seluruh kawasan Jerez.

Setelah mengulas arsitekturnya, kini kita membahas bagian-bagian bangunan yang berada di kawasan Jerez. Di antaranya, Gate City yang merupakan pintu masuk untuk melihat seluruh isi ruangan yang memiliki sejarah masa kejayaan Islam. Setelah melewatinya, kita  bisa masuk ke ruang tertutup dan melihat langit-langit yang megah.

 

photo

Alcazar - (Wikipedia)

 

Sementara, bangunan yang terdapat di kompleks Alcazar lainnya adalah masjid. Bangunan ini menyajikan fitur karakteristik keagamaan yang merupakan tempat ibadah keluarga raja yang dibangun pada abad ke-12. 

Meski berada di dalam kompleks, masjid ini juga memiliki beberapa fasilitas selain menara yang digunakan untuk mengumandangkan azan, masjid ini memiliki ruang wudhu yang tidak jauh dari ruang utama untuk berdoa menghadap ke Kota Suci Makkah.

Namun, setelah kawasan ini dikuasai Nasrani di bawah pimpinan Raja Alfonso X pada 1264 M, bangunan dan fasilitas di dalam Alcazar ditambah dan sebagian dialihfungsikan sebagai tempat ibadah umat Kristiani.