Benteng Ukhaidir yang Misterius

Rabu , 28 Jul 2021, 13:13 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Benteng al-ukhaidir.
Benteng al-ukhaidir.

Banteng terdiri atas dua bangunan.

 

Terkait

Pada bagian luar ada bangunan setinggi 17 meter yang terbuat dari lempengan batu kapur dan mortar. Kemudian, dipertebal oleh sudut dan menara perantara bergantian dengan pasangan lengkungan.

Skema pertahanan lain yang digunakan di Ukhaidir adalah penggunaan celah panah. Dari celah ini para penjaga istana menembakkan panah dengan pandangan terbatas. Celah kecil itu memudahkan para penjaga untuk melindungi diri dari serangan musuh. 

Gerbang-gerbang juga dilengkapi dengan celah untuk menjatuhkan bom dan bebatuan. Hal ini dilakukan ketika musuh berupaya untuk menaiki tembok atau menghancurkan bagian luar banteng dengan pendobrak.

Pada gerbang utama, di sisi utara dinding ditemukan tampilan paling awal dari portal melengkung, diatur dalam bingkai persegi panjang yang naik di atas dinding.

Gerbang ini mengarah ke aula berkubah runcing yang terbuat dari tujuh lengkungan melintang. 

Kompleks banteng terdiri atas beberapa tempat, seperti aula, masjid, pengadil an, ruang audiensi dan empat kompleks rumah. Di sebelah barat aula besar dan di sebelah kanan pintu masuk utama ada masjid istana, aula yang terdiri atas lorong tunggal lima lengkungan.

 

Masyarakat biasa beraktivitas di sana. Benteng tersebut diperkirakan dapat menampung ribuan orang. Diperkirakan mereka adalah para pasukan dan warga sipil. Bangunan ini diperkirakan menjadi pos penjagaan sebelum memasuki Kota Baghdad.