Arab Saudi Luncurkan Robot Multibahasa Mudahkan Jamaah

Kamis , 18 Nov 2021, 06:26 WIB Reporter :Rizky Jaramaya/Mabruroh / Redaktur : Nashih Nashrullah
Arab Saudi meluncurkan beragam fasilitas untuk layani jamaah. Bendera Arab Saudi
Arab Saudi meluncurkan beragam fasilitas untuk layani jamaah. Bendera Arab Saudi

IHRAM.CO.ID, RIYADH – Arab Saudi  terus melakukan perbaikan dan peningkatan layanan kepada jamaah dan umat Islam.

 

Terkait

Belum lama ini misalnya, Kerajaan meluncurkan robot Artificial Intelligence (AI) di Masjidil Haram, Makkah.

Baca Juga

Robot ini akan membantu menjawab pertanyaan dari para jamaah dan memberikan panduan untuk melakukan ritual ibadah. 

Dilansir Middle East Monitor, Kamis (18/11), robot beroda empat ini dilengkapi dengan teknologi pintar dan layar sentuh sebesar 21 inci. Saudi Press Agency melaporkan, robot tersebut dapat berbicara dalam 11 bahasa termasuk Arab, Inggris, Prancis, Rusia, Persia, Turki, Cina, Bengali, dan Hausa.   

Selain itu, robot tersebut juga memiliki pilihan untuk menghubungkan para jamaah dengan syekh dan ulama melalui koneksi jarak jauh. Robot tersebut dilengkapi dengan sistem penghentian cerdas untuk memastikan agar tidak menabrak orang atau benda.

Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci mengatakan, inisiatif itu ditujukan untuk mengembangkan dan merevolusi tingkat layanan kepada para jamaah.  

Tiga pekan lalu, Arab Saudi meluncurkan robot desinfeksi di Masjidil Haram. Robot tersebut dapat bekerja selama empat jam, dengan kapasitas lebih dari 68 liter air. Robot itu dapat menjangkau area seluas 2.000 meter persegi per jam. 

Arab Saudi juga meluncurkan robot untuk mendistribusikan air dari sumur Zamzam kepada para jamaah. Robot itu dapat membagikan 30 botol air Zamzam, dan dapat bekerja hingga delapan jam tanpa campur tangan manusia. 

Pada 17 Oktober, otoritas Arab Saudi mencabut pembatasan Covid-19. Para jamaah dari seluruh negara dapat beribadah umroh, dan mengunjungi masjid-masjid suci di Makkah dan Madinah, dengan syarat telah menerima dua dosis vaksin Covid-19. 

Sementara itu,  aplikasi Tawakkalna mengumumkan telah menyediakan fitur bagi mereka yang datang dari luar negeri ke Makkah dan Madinah. Melalui fitur tersebut jamaah luar negeri dapat memperoleh izin untuk membeli tiket transportasi untuk layanan haji dan umroh.

Dilansir dari Saudi Gazette, Kamis (18/11), mereka yang ingin mengeluarkan izin dapat mengunjungi aplikasi Tawakkalna dan mengklik Terbitkan Izin' di layanan haji dan umrah, sehingga memilih jenis izin, tanggal dan hari. Setelah pemilihan jenis izin, aplikasi akan meminta pemohon izin menentukan titik berkumpul yang dia inginkan dan kota tempat dia datang ke Kerajaan.    

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini