Saudi Pengekspor Kurma Teratas di Dunia

Kamis , 16 Dec 2021, 13:22 WIB Reporter :Mabruroh / Rizky Suryarandika/ Redaktur : Esthi Maharani
Pemandangan udara dari pohon kurma di gurun Ula dekat kota al-Ula di barat laut Saudi.
Pemandangan udara dari pohon kurma di gurun Ula dekat kota al-Ula di barat laut Saudi.

IHRAM.CO.ID, RIYADH — Arab Saudi berhasil meningkatkan budidaya kurma dan pohon palem di Semenanjung Arab. Saudi di bawah program dan kemitraan lokal dan global juga berhasil memasarkan kurma dan meningkatkan produksinya untuk menjangkau berbagai pasar internasional.

 

Terkait

National Center for Palms and Dates (CPD) adalah salah satu pendukung utama untuk pertumbuhan pesat di sektor kurma ini. NCPD melakukan penerapan beberapa program untuk mengembangkan sektor kurma di Kerajaan Arab Saudi, meningkatkan efisiensinya dan meningkatkan produktivitasnya dalam upaya meningkatkan aksesibilitasnya ke negara yang ditargetkan.

Baca Juga

Dilansir dari Saudi Gazette, Kamis (16/12) semua upaya ini berkontribusi untuk menjadikan Kerajaan Arab Saudi sebagai pengekspor kurma teratas di seluruh dunia. Saat ini, Arab Saudi berhasil mengirimkan kurma ke 107 tujuan internasional.

Arab Saudi adalah rumah bagi lebih dari 33 juta pohon palem dan lebih dari 123 ribu kepemilikan pertanian. Saudi juga memiliki 157 pabrik kurma, yang berkontribusi positif untuk mendukung sektor kurma dan sawit dan banyak industri transformatif dan makanan untuk memasukkan makanan dan industri lainnya, seperti medis, kosmetik dan industri bahan konstruksi.

Secara angka, dukungan dan pemasaran kurma Arab Saudi berdampak positif pada sektor tersebut, dimana nilai ekspor kurma pada 2021 tumbuh sebesar 7,1 persen dengan nilai 927 juta riyal, sedangkan peningkatan jumlah ekspor pada tahun yang sama naik sebesar 17 persen, menjadi 215.000 ton.

Riyadh dijadwalkan menjadi tuan rumah edisi kedua Pameran Internasional Kurma pada Kamis (16/12), di bawah pengawasan Pusat Nasional Kelapa Sawit dan Kurma, serta dengan partisipasi beberapa produsen kurma dan petani.

Pameran selama lima hari tersebut akan diadakan di bawah pengawasan Pusat Nasional Kurma di Pusat Konvensi dan Pameran Internasional Riyadh. Pameran ini merupakan pertemuan tahunan produsen dan konsumen kurma terbesar di Arab Saudi dan dunia.

Pameran ini bertujuan untuk meningkatkan nilai pasar kurma Saudi dan berkontribusi menjadikan Arab Saudi sebagai pengekspor kurma terbaik di dunia. Pameran ini akan mencakup beberapa kegiatan pengiring, seperti lokakarya, presentasi, dan acara pendidikan.

Tercatat, sebanyak 43 lembaga dan perusahaan lokal dan internasional akan ambil bagian dalam pameran tersebut, bersama empat negara produsen. Kegiatan ini juga akan menampilkan platform elektronik untuk menggunakan kecerdasan buatan dalam meningkatkan peran pemasaran, penelitian, studi dan eksperimen ilmiah terhadap pohon kurma.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini