Pakistan Serukan Negara Muslim Agar Bantu Afghanistan

Ahad , 19 Dec 2021, 20:03 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Agung Sasongko
Seorang anak berdiri di luar rumahnya di lingkungan tempat banyak pengungsi internal telah tinggal selama bertahun-tahun, di Kabul, Afghanistan, Selasa, 7 Desember 2021.
Seorang anak berdiri di luar rumahnya di lingkungan tempat banyak pengungsi internal telah tinggal selama bertahun-tahun, di Kabul, Afghanistan, Selasa, 7 Desember 2021.

IHRAM.CO.ID, ISLAMABAD -- Pakistan menyerukan negara-negara Muslim agar membantu Afghanistan guna mencegah negara itu dari bencana ekonomi dan kemanusiaan. Sementara itu, Pakistan juga membujuk para penguasa baru Taliban di Afghanistan agar melunakkan citra mereka di luar negeri.

 

Terkait

Sejumlah menteri luar negeri dari 57 anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) melakukan pertemuan di Islamabad, Pakistan, pada Ahad (19/12). Diplomat terkemuka Pakistan mengatakan pada Jumat lalu, bahwa mereka bertemu untuk mengeksplorasi cara-cara untuk membantu Afghanistan di samping mengarahkan realitas politik yang dijalankan Taliban.

Baca Juga

Pemerintah baru Taliban telah mendapat sanksi dari masyarakat internasional, yang terguncang dari runtuhnya militer Afghanistan dan pemerintah yang didukung Barat dalam menghadapi pengambilalihan kelompok itu pada pertengahan Agustus lalu.

Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi mengatakan, pertemuan OKI itu adalah pertemuan yang bukan merupakan pengakuan resmi terhadao rezim Taliban. Namun dalam pesannya untuk pertemuan hari ini, ia menegaskan seruan untuk membantu Afghanistan.

"Tolong jangan tinggalkan Afghanistan. Silakan berinteraksi. Kami berbicara untuk orang-orang Afghanistan. Kami tidak berbicara tentang kelompok tertentu. Kami berbicara tentang orang-orang Afghanistan," kata Qureshi, dilansir di NBC News, Ahad (19/12).