Berdoa Mengharapkan Mati Syahid, ini Penjelasannya

Kamis , 20 Jan 2022, 21:08 WIB Reporter :Andrian Saputra/ Redaktur : Agung Sasongko
Ilustrasi Berdoa. Bagi Muslim adalah hal yang baik untuk berdoa mengharapkan mati syahid
Ilustrasi Berdoa. Bagi Muslim adalah hal yang baik untuk berdoa mengharapkan mati syahid

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Dosa orang-orang yang mati syahid akan diampuni oleh Allah Subahanahu wa Ta'ala. Sebagaimana dalam kitab at targhib wat Tarhib menjelaskan tentang kenikmatan-kenikmatan mati syahid. Nabi Muhammad ﷺ bersabda:

 

Terkait

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : يُغْفَرُلِلشَّهِيْدِكُلُّ ذَنْبٍ اِلَّا الدَّيْنَ.

Baca Juga

Rasulullah ﷺ bersabda, “Diampuni bagi orang yang mati syahid segala dosanya kecuali hutang.” (HR. Muslim).

Orang-orang mati syahid mendapatkan kemuliaan dan ganjaran yang begitu besar dari Allah SWT. Di hati para syuhada senang memiliki keinginan untuk terus berjuang menegakan agama Allah. Sebab itu mereka ingin bisa merasakan berkali-kali mati syahid karena besarnya ganjaran yang diberikan Allah.

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:  مَاأَحَدٌ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ يُحِبُّ أَنْ يَرْجِعَ إِلَى الدُّنْيَاوَأَنَّ لَهُ مَا عَلَى الْاَرْضِ مِنْ شَىْءٍ اِلَّا الشَّهِيْدُ فَاِنَّهُ يَتَمَنَّى أَنْ يَرْجِعَ اِلَى الدُّنْيَافَيَقْتُلَ عَشْرَمَرَّاتٍ لِمَايَرَى مِنَ الْكَرَامَةِ وَفِى رِوَايَةٍ لِمَايَرَى فِى فَضْلِ الشَّهَادَةِ.

Rasulullah ﷺ bersabda: Tidak seorang pun yang  masuk surga lalu ingin kembali ke dunia walaupun bagaimana besar kekayaannya di dunia, kecuali orang yang mati syahid. Dia mengharapkan kembali ke dunia hingga dibunuh kembali sepuluh kali dalam (perang sabilillah). Karena kemuliaan yang dilihatnya (yang diberikan kepadanya). Dalam riwayat lain: Karena melihat keutamaan mati syahid. (HR. Bukhari dan Muslim).