Sabtu 26 Feb 2022 15:05 WIB

Relawan dan Tim Medis Semen Padang Bantu Korban Gempa Pasaman

PT Semen Padang kembali mengirim sejumlah relawan TRC bersama tim medis

Rep: intan pratiwi/ Red: Hiru Muhammad
Kondisi pengungsian ribuan warga di Kantor Bupati Pasaman Barat, Pasca Gempa dengan magnitudo, 6,2 , Sabtu (26/2)
Foto: Republika/Febrian Fachri
Kondisi pengungsian ribuan warga di Kantor Bupati Pasaman Barat, Pasca Gempa dengan magnitudo, 6,2 , Sabtu (26/2)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--PT Semen Padang mengirim tim medis dari Semen Padang Hospital dan obat-obatan untuk membantu warga terdampak gempa di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat. Sebelum memberangkatkan tim medis, perusahaan mengirim tim reaksi cepat (TRC) untuk mendata kebutuhan warga terdampak.

Plt Dirut PT Semen Padang Asri Mukhtar mengatakan, pihaknya juga kembali mengirim sejumlah relawan TRC bersama tim medis. Tim tersebut turut membawa bantuan logistik berupa selimut, terpal,  dan sembako yang terdiri atas beras 500 kg, mi instan 20 dus, air mineral 20 dus, dan sarden sebanyak 50 kaleng.

Baca Juga

“Pengerahan tim medis, relawan dan bantuan logistik ini bentuk komitmen perusahaan untuk berpartisipasi dalam penanggulangan pascagempa di Pasaman Barat,” kata Asri dalam keterangan tertulis seperti dikutip pada  Sabtu (26/2/2022).

Asri menyampaikan, Semen Padang pada Jumat siang sekitar pukul 11.30 WIB, atau tiga jam pascagempa, langsung  memberangkatkan tim advance TRC Semen Padang ke lokasi bencana untuk melakukan pendataan terhadap dampak gempa.  Jumat sore, tim tersebut sudah sampai di lokasi bencana gempa dan telah berkoordinasi dengan pihak BPBD setempat. Dari hasil koordinasi tersebut, diketahui bahwa penanggulangan pascagempa membutuhkan tim medis, obat-obatan, logistik, dan relawan.

"Jadi, pemberangkatan  tim medis, logistik dan relawan TRC ke lokasi bencana gempa yang dilepas, merupakan tindak lanjut dari laporan dari tim advance pada Jumat sore," katanya.

Sesampai di lokasi bencana, kata Asri, tim medis dan relawan bergabung bersama tim advance TRC Semen Padang. "Di lokasi bencana, mereka juga mendirikan posko," ujarnya.

Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Oktoweri mengatakan, pihaknya juga memberangkatkan Mine Rescue Tim (MRT) dari Departemen Tambang & Pengelolaan Bahan Baku PT Semen Padang.

Tim MRT ini diberangkatkan karena dampak gempa juga menyebabkan terjadinya bencana longsor di Pasaman Barat. "Jadi, tim MRT ini fokus pada penanggulangan bencana longsor," ujarnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement