Selasa 05 Jul 2022 20:45 WIB

Kisah Abu Bakar Kembalikan Gaji ke Baitul Maal

Setelah wafat, Abu Bakar tidak meninggalkan dinar maupun dirham

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto: MgIt03
Ilustrasi Sahabat Nabi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Suatu ketika, Abu Bakar RA di masa awal kepemimpinannya sebagai khalifah, hendak pergi ke pasar. Lalu di perjalanan ia bertemu Umar bin Khattab RA.

Umar pun bertanya kepada Abu Bakar, "Hendak pergi ke mana?" Abu Bakar menjawab bahwa dia ingin pergi ke pasar. Umar pun mempertanyakan kesibukan dagang Abu Bakar sebab ia harus mengurus umat.

Baca Juga

Abu Bakar menjelaskan, kesibukannya berdagang adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Mendengar hal tersebut, Umar mengajak Abu Bakar untuk menemui Abu Ubaidah RA, sahabat Nabi yang dijuluki sebagai orang kepercayaan umat Muslim. Dia pulalah yang mengurus Baitul maal.

Alhasil, diputuskanlah mengenai besaran upah untuk Abu Bakar sebagai khalifah, dengan tujuan agar Abu Bakar bisa fokus mengurus umat. Selama dua tahun setengah masa kepemimpinannya, Abu Bakar menghabiskan 8.000 dirham.

Abu Bakar juga menyampaikan wasiat kepada putrinya, Aisyah, agar upah dari Baitul maal yang telah digunakannya itu dikembalikan ke Baitul maal.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement