Rabu 30 Nov 2022 12:52 WIB

Hujan Deras Diprediksi Kembali Landa Jeddah dan Rabigh Hari Ini

Masyarakat diminta berhati-hati saat hujan.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Hujan deras melanda kota Jeddah, Arab Saudi. Hujan Deras Diprediksi Kembali Landa Jeddah dan Rabigh Hari Ini (Reuters/Mohamed Al Hwaity)
Hujan deras melanda kota Jeddah, Arab Saudi. Hujan Deras Diprediksi Kembali Landa Jeddah dan Rabigh Hari Ini (Reuters/Mohamed Al Hwaity)

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Pusat Meteorologi Nasional (NCM) Arab Saudi memperingatkan hujan lebat dan angin permukaan akan melanda provinsi Jeddah dan Rabigh, terutama daerah pesisir, Rabu (30/11/2022).

Hujan sedang hingga lebat, disertai aktivitas angin permukaan, hujan es dan hujan lebat disebut akan melanda seluruh gubernuran serta area terbuka dan jalan raya. Dalam prakiraan cuacanya, mereka juga menyebut akan ada kekurangan visibilitas yang mana situasi ini akan berlanjut hingga pukul 10.00.

Baca Juga

Dilansir di Saudi Gazette, Rabu (30/11/2022), NCM juga mengeluarkan peringatan tingkat tinggi atas badai yang disertai hujan lebat di Kegubernuran Rabigh. Hujan akan berlanjut hingga pukul 12.00 WIB.

Direktorat Jenderal Pertahanan Sipil Saudi dan Direktorat Pertahanan Sipil di wilayah Makkah mengimbau masyarakat untuk berjaga-jaga dan berhati-hati saat hujan. Mereka memperingatkan agar tidak mendekati genangan, menjauh dari tempat-tempat di mana aliran air deras berkumpul, serta tidak mengambil risiko melintasi lembah saat hujan.

Hujan deras yang melanda Jeddah, Kamis (24/11/2022), adalah curah hujan tertinggi yang pernah tercatat di kota pesisir tersebut. Menurut stasiun pemantauan NCM hujan berlangsung sekitar delapan jam, dari pukul 08.00-14.00 dan berjumlah 179,7 milimeter air.

Dua orang dilaporkan tewas akibat banjir yang membangkitkan kenangan mengejutkan tentang banjir dahsyat yang melanda kota itu tepat 13 tahun lalu. Beberapa orang yang terjebak di dalam kendaraan yang terendam berhasil diselamatkan.

Beberapa tim perenang dari Pertahanan Sipil Jeddah menyelamatkan banyak pengendara yang terjebak di terowongan Jalan Raja Abdullah yang tergenang air. Penerbangan dan lalu lintas jalan terganggu selama beberapa jam, karena arteri utama dan jalan raya tergenang air. Beberapa jalan di lingkungan perumahan Jeddah juga dilaporkan terendam banjir, sehingga menyebabkan banyak kendaraan mogok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement