Selasa 21 May 2024 12:53 WIB

Ribut Ayah Ojak dan Jamaah Malaysia, Ini Adab Ibadah Haji Menurut Imam Al Ghazali

Nabi Muhammad SAW berdoa bagi orang yang hendak menunaikan ibadah haji.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Kedatangan jamaah haji Indonesia kloter Jakarta di Makkah
Foto:

Nasihat Imam Al Ghazali tersebut menjelaskan jamaah haji harus bertobat, meminta maaf atas kesalahan diri kepada orang lain, dan memaafkan kesalahan orang lain. Dengan demikian, saat berada di Tanah Suci Makkah maupun Madinah, jangan bertengkar sesama jamaah haji karena seharusnya jamaah haji bertobat dan saling memaafkan.

2. Jamaah haji harus berteman dengan orang yang baik, shalih, dan bertakwa dalam beragama, juga gemar melakukan kebajikan dan menolong orang lain. Sebab, teman yang demikian akan mengingatkan jika suatu ketika kita berada dalam posisi lupa.

Ucapkanlah selamat berpisah kepada kerabat, handai taulan, teman-teman, tetangga, dan mintalah iringan berkah serta doa dari mereka. Sebab, iringan doa mereka Insya Allah diijabah oleh Allah SWT.

Nabi Muhammad SAW berdoa bagi orang yang hendak menunaikan ibadah haji, "Semoga Allah SWT menjaga dan melindungimu, serta menunjukimu jalan kebajikan di mana pun engkau berada." (Diriwayatkan Imam At-Thabrani)

Sebelumnya diberitakan, ayah Ayu Ting Ting mengamuk ke jamaah haji Malaysia karena disebut menghina Indonesia sebagai negara miskin. Video ayah Ojak mengamuk pun viral di media sosial. Dalam narasi yang menjelaskan video tersebut, ayah Ojak dan istrinya Umi Kalsum sedang berangkat haji di Makkah.

Selanjutnya...

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement