Kamis 15 Jun 2023 08:05 WIB

Siap Layani Jamaah Sambut Puncak Haji, Ini Persiapan yang Dilakukan PPIH

Jamaah haji lansia diminta tetap di tenda, sementara lontar jumrah diwakilkan.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Subhan Cholid meninjau fasilitas toilet dan tenda jamaah haji Indonesia di Arafah, Arab Saudi, Selasa (30/5/2023). Fasilitas tersebut akan digunakan pada saat puncak haji atau wukuf.
Foto:

Setidaknya ada lebih 100 kursi roda disiapkan untuk layanan Armina, utamanya pada fase Mina. Pihak Masyarik juga menginformasikan mereka akan menyiapkan 15 mobil golf di Mina untuk layanan lansia.

Selama di Mina nanti, Subhan mengimbau kepada jamaah lansia untuk tetap berada di tenda. Proses lempar jumrah ini bisa diwakilkan kepada jamaah lainnya dan itu sah.

photo
Tenda jamaah haji memenuhi tenda kemah Mina selama haji, di Mekkah, Arab Saudi, Ahad,10 Juli 2022. - (AP Photo/Amr Nabil)

Ia menerangkan, untuk sampai ke jamarat harus jalan kaki dan itu butuh energi luar biasa. Jarak terdekat antara tenda ke jamarat sekitar 3 km dan jarak terjauh mencapai 7 km, yang mana jika pergi pulang berarti 6 km hingga 14 km.

“Ini tentu bagi jamaah lansia sangat berat. Karenanya bisa diwakilkan, karena secara Syar’i memang diizinkan untuk diwakilkan. Jamaah lansia tetap berada di tenda untuk berdoa dan berzikir, sementara lontar jumrahnya diwakilkan,” kata Subhan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement