Rabu 19 Jul 2023 15:30 WIB

Tanda Haji Mabrur, Jadi Teladan dan Bisa Jaga Keharmonisan Masyarakat

Haji yang mabrur juga dapat mempertahankan integritas moral.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah haji dari berbagai negara yang sedang melaksanakan sa
Foto: Republika/Fuji Eka Permana
Jamaah haji dari berbagai negara yang sedang melaksanakan sa

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Jamaah haji Indonesia dalam proses pemulangan dari Arab Saudi ke Indonesia usai puncak ibadah haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna). Jamaah haji perlu mengetahui tanda-tanda menjadi haji yang mabrur, salah satu tanda haji yang mabrur bisa menjadi teladan bagi masyarakat.

Kepala Seksi Bimbingan Ibadah Daerah Kerja (Daker) Makkah, KH Zulkarnain Nasution berharap dan mendoakan agar jamaah haji khususnya jamaah haji Indonesia menjadi haji yang mabrur. Menurutnya, haji yang mabrur memiliki komitmen menjaga keharmonisan hidup di tengah masyarakat.

Baca Juga

"Haji yang mabrur juga bisa mengaktualisasikan kepatuhan seperti kepatuhan menjaga larangan ihram, dan menjadi teladan dalam kehidupan sehari-hari di keluarga dan masyarakatnya," kata Kiai Zulkarnain kepada Republika di Kantor Daerah Kerja (Daker) Makkah, Rabu (19/7/2023).

Kiai Zulkarnain menyampaikan, haji yang mabrur juga dapat mempertahankan integritas moral yang telah diperoleh selama haji dan diamalkan sepanjang hayat.

Ia menambahkan, mabrurnya haji juga terwujud dalam kepedulian dan ringan membantu sesama, menebar salam dan menjadi jalan terwujudnya kedamaian, dan bertutur kata serta berucap yang baik.

Jabir bin Abdillah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada balasan bagi haji mabrur kecuali surga." Para sahabat bertanya, "Apa kemabruran haji itu?" Rasulullah SAW menjawab, "Memberi makan, dan menebar salam (kedamaian)."

Redaksi lain pada hadist tersebut menyebutkan juga bahwa haji yang mabrur baik dalam ucapan dan perkataan. (HR Ahmad, Thabrani, Ibn Huzaimah, Baihaqi, Al-Hakim).

Haji mabrur adalah hajinya orang yang...

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement