Kamis 31 Aug 2023 13:01 WIB

Ingin Umroh Mandiri? Berikut Ini Panduannya

Umroh mandiri harus dipersiapkan dengan matang.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi jamaah umroh.
Foto:

Platform Nusuk

Terbaru, Kerajaan Arab Saudi meluncurkan platform yang diberi nama Nusuk. Platform ini resmi dari pemerintah, yang disebut dapat membantu umat Muslim membuat perjalanan haji atau umrah di Tanah Suci. 

Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq Al-Rabiah, menyebut Nusuk memudahkan jamaah yang berangkat secara mandiri untuk beribadah, sekaligus membantu meningkatkan pengalaman mereka. Platform ini juga memungkinkan mereka mengambil wisata budaya dan sejarah, bukan hanya wisata religi. 

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, dalam web Nusuk tersedia beberapa layanan perjalanan umrah, mulai dari paket semalam hingga 15 malam, serta dengan fasilitas standar hingga VIP. Harga yang ditawarkan pun beragam, mulai dari 113 riyal untuk satu malam hingga 3.187 riyal untuk 15 malam. 

 

Keberadaan platform ini bisa membantu umat Muslim yang ingin berangkat umrah mandiri tanpa agen perjalanan, tetapi tidak ingin ribet mengatur pergerakannya selama di Tanah Suci. Sesuai klaimnya, Nusuk.sa dibuat untuk mempermudah jamaah umroh saat melakukan perjalanan ke Makkah, Madinah dan daerah-daerah lainnya di Arab Saudi.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement