Senin 18 Dec 2023 20:02 WIB

Lebih dari 5 Juta Orang Kunjungi Masjid Nabawi dalam Sepekan

Selain itu, perpustakaan Masjid Nabawi juga menjadi daya tarik bagi jamaah.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Nabawi dipadati jamaah dari berbagai negara usai melaksanakan rangkaian ibadah haji di Makkah.
Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Masjid Nabawi dipadati jamaah dari berbagai negara usai melaksanakan rangkaian ibadah haji di Makkah.

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Minat umat Muslim dunia untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah dalam khazanah Islam sangat tinggi. Salah satu tempat favorit yang menjadi tujuan adalah Masjid Nabawi.

Menurut laporan Otoritas Umum Urusan Masjid Nabawi, dilansir dari Saudi Gazette, Senin (18/12/2023) sekitar 5.119.000 jamaah mengunjungi Masjid Nabawi antara 8-15 Desember 2023. Angka kunjungan selama satu minggu tersebut menunjukkan Masjid Nabawi memiliki daya tarik tinggi bagi umat Islam dunia.

Baca Juga

Otoritas setempat telah memfasilitasi 501.938 jamaah yang berkunjung ke makam Nabi Muhammad. Sedangkan sekitar 235.341 jamaah melaksanakan shalat di Al Rawdah Al Sharifah.

Otoritas juga memberikan pelayanan khusus kepada 15.295 lansia dan orang berkebutuhan khusus. Mereka dapat mengakses situs yang telah ditentukan. Disamping itu, sebanyam 87.446 orang telah memanfaatkan layanan penerjamahan dalam berbagai bahasa dari berbagai negara.

Selain itu, perpustakaan masjid juga menjadi daya tarik bagi jamaah. Sebanyak 13.584 orang telah mengunjungi perpustakaan. Dan 4783 orang menjelajahi pameran dan museum. Adapaun sebanyak 8638 orang memanfaatkan layanan telepon dan saluran komunikasi lainnya.

Pihak berwenang juga mendistribusikan lebih dari 111.600 botol air Zamzam, menyediakan 92.992 makanan berbuka puasa, dan memberikan 42.125 hadiah kepada jamaah dan pengunjung.  

Masjid Nabawi terletak di Kota Madinah, Arab Saudi. Masjid ini adalah masjid suci bagi umat Islam di dunia selain Masjidl Haram, di Makkah. Berdirinya masjid ini sangat erat dalam awal-awal berdirinya agama Islam.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement