Jumat 26 Jan 2024 17:34 WIB

Sterilisasi dan Pembersihan Masjid Nabawi Dilakukan Sepanjang Waktu

Pembersihan dilakukan lingkungan demi yang aman dan sehat bagi jamaah.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Pekerja memoles ornamen-ornamen di Masjid Nabawi, tepat di seberang wilayah Raudhah.
Foto: Republika/Fitriyan Zamzami
Pekerja memoles ornamen-ornamen di Masjid Nabawi, tepat di seberang wilayah Raudhah.

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Otoritas Umum untuk Perawatan Urusan Dua Masjid Suci terus mengaktifkan dan mengembangkan layanannya di Masjid Nabawi di Madinah. Layanan selalu dimaksimalkan untuk dapat mengakomodasi ribuan jamaah sepanjang waktu melalui operasi sterilisasi dan pembersihan yang terus dilakukan sepanjang waktu.

Dilansir dari Riyadh Daily, Jumat (26/1/2024), sterilisasi dan pembersihan sedang berlangsung ke area yang luas di dalam masjid dan di alun-alun luar masjid. Ini dilakukan untuk menyediakan lingkungan yang aman dan sehat bagi jamaah selama melaksanakan sholat lima waktu.

Baca Juga

BACA JUGA: Surat Yasin Lengkap 83 Ayat Arab, Latin, dan Terjemahan

Ratusan pekerja untuk program pembersihan dan desinfektan menggunakan berbagai metode, peralatan manual dan mekanis untuk membersihkan semua bagian Masjid Nabawi dan alun-alun dan pintunya. Petugas juga menggunakan tangga dan eskalator untuk mencapai setiap bagian masjid dan fasilitasnya.

Pekerja membersihkan 20 ribu karpet per hari, terutama pada jam sibuk dan pada Jumat. Saudi Press Agency (SPA) pada malam kemarin memantau pekerjaan pembersihan yang berlangsung di Masjid Nabawi dan alun-alun luar masjid.

'Sterilisasi dan pembersihan yang dilakukan sebelum sholat Isya, dengan banyaknya jumlah jamaah, disertai dengan pembersihan intensif alun-alun dan koridor luar ruangan oleh kendaraan dan peralatan otomatis, semua berjalan lancar. Program lapangan yang memastikan kelancaran pergerakan pejalan kaki dan masuk dan keluar jamaah melalui 100 pintu di bagian pria dan wanita.

Perangkat propulsi udara diaktifkan di pintu masuk ke tempat parkir yang mengarah ke alun-alun masjid. Pekerjaan pembersihan dan desinfeksi diikuti program untuk menerapkan wewangian di seluruh masjid. Ini untuk memastikan jamaah melakukan ritual dalam kedamaian dan ketenangan di seluruh masjid.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement