Senin 20 May 2024 22:20 WIB

Garuda Siapkan Makanan Khas Aceh untuk Jamaah Haji

Semua itu agar jamaah haji nyaman menempuh tujuh jam penerbangan.

Red: Fuji Pratiwi
Pekerja Garuda Maintenance Facility (GMF) menunjukkan menu makan untuk jamaah selama penerbangan ke Tanah Suci di Pesawat Garuda Indonesia yang akan digunakan untuk armada haji 1444 H/2023 (ilustrasi)
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Pekerja Garuda Maintenance Facility (GMF) menunjukkan menu makan untuk jamaah selama penerbangan ke Tanah Suci di Pesawat Garuda Indonesia yang akan digunakan untuk armada haji 1444 H/2023 (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, BANDA ACEH -- Maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia (Persero) menyiapkan menu makanan ayam tangkap dan daging masak putih, kuliner khas Aceh bagi jamaah calon haji 2024 asal Provinsi Aceh saat dalam penerbangan menuju ke Arab Saudi.

General Manager Garuda Indonesia Wilayah Aceh Nano Setiawan di Banda Aceh, Senin (20/5/2024), mengatakan, pihaknya telah menerima berbagai masukan dari instansi terkait di provinsi berjulukan Tanah Rencong itu, agar menyiapkan makanan bernuansa Aceh bagi jamaah selama dalam perjalanan ke Tanah Suci. "Ada ayam tangkap, daging masak putih, menu khas Aceh supaya janaah bisa nyaman," kata Nano.

Baca Juga

Ia menjelaskan, pihaknya bersama dengan Kementerian Agama Provinsi Aceh beberapa waktu lalu juga telah melakukan tes makanan sebelum disajikan bagi jamaah haji saat dalam pesawat.

Selama sekitar tujuh jam penerbangan dari Aceh menuju Makkah, maskapai Garuda Indonesia memberikan sebanyak dua kali makanan berat, dan sekali camilan untuk jamaah. Pemberian itu baik saat pemberangkatan ke Tanah Suci, maupun saat kepulangan.

"Kita akan tetap berikan dua kali makanan berat dan satu kali snack selama perjalanan pergi atau pulang," katanya.

Kemudian, di samping menyajikan makanan khas Aceh, Garuda Indonesia juga berkomitmen untuk memberikan layanan optimal bagi setiap jamaah, terutama jamaah lansia sesuai dengan haji tahun ini yang ramah lansia.

Selain petugas kabin, pihaknya juga menambah jumlah petugas lain untuk membantu jamaah mengangkat barang ke dalam kabin pesawat, supaya tidak terkendala dan lebih cepat. Pihaknya juga terus mengoptimalkan persiapan operasional agar dapat menerbangkan pesawat Garuda Indonesia dengan baik dan tiba di Arab Saudi tepat waktu sesuai dengan jadwal yang direncanakan.

"Semoga kita bisa berjalan dengan baik, kita sudah koordinasi dengan seluruh pihak, di Bandara Sultan Iskandar Muda, Airnav, Imigrasi, dan lainnya, supaya berjalan dengan baik," katanya.

Pada musim haji 1445 Hijriah/2024 Masehi, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh memberangkatkan sebanyak 4.710 calon haji, sekaligus dengan petugas yang terbagi dalam 12 kelompok terbang (kloter).

Jamaah haji kelompok pertama Aceh akan masuk ke Asrama Haji Embarkasi Aceh pada Selasa (28/5) sekitar pukul 16.45 WIB, dan akan terbang ke Arab Saudi menggunakan pesawat Garuda Indonesia pada Rabu (29/5) sekitar pukul 16.45 WIB.

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement